MENGENAL MENOPAUSE

MENGENAL MENOPAUSE

Menopause, mungkin sudah banyak dari kita yang mendengar istilah ini, namun tidak sedikit dari kita yang belum mengerti apa sebenarnya menopause itu, bagaimana menopause bias terjadi, apa saja gejala dan tanda yang timbul saat seorang wanita memasuki masa menopause, serta bagaimana menyikapi masa-masa menopause ini.

Menopause merupakan salah satu saat yang paling menentukan dalam kehidupan seorang wanita. Beberapa wanita merasa takut , sementara yang lain malah menunggu-nunggu akan datangnya menopause. Bagi sebagian wanita yang takut akan datangnya menopause karena akan membuat mereka merasa tidak menarik, kesepian, tak berguna dan tak berdaya. Mereka juga berduka karena tak subur dan muda lagi. Bagi sebagian lain, datangnya menopause malah membuat mereka memiliki kesempatan baru dalam hidup secara fisik, emosi, seksual dan spirit. Mereka malah antusias karena “terlepas” dari kewajiban melahirkan dan sindroma pra-haid. Pokoknya, menopause dapat memberikan berbagai macam perasaan kepada wanita. Dari yang tegang dan tidak nyaman sampai lega dan “lepas”.

Pengertian Menopouse

Apa arti menopause itu sendiri? Menopause adalah, “suatu waktu di usia pertengahan dimana seorang perempuan mendapat haidnya yang terakhir”. Atau dengan kata lain, “dimana seorang perempuan tidak mendapat haid lagi”. Menopause terjadi ketika ovarium berhenti “melepaskan” sel telur. Sering kali menopause ini terjadi secara gradual. Tetapi kadang kala juga terjadi sekaligus.

Menopouse merupakan kejadian alami yang harus dilalui oleh setiap wanita. Secara mudah, menopause merupakan suatu tahap fisiologis dimana seorang wanita tidak lagi mendapatkan siklus menstruasi. Pada saat menopause, terjadi penurunan produksi hormone estrogen sebagai akibat habisnya folikel (sel telur) dalam ovarium (indung telur). Penurunan hormone estrogen inilah yang memunculkan berbagai gejala dan tanda menjelang, selama serta pasca menopause.

Perimenopause adalah periode gradual yang membuat perubahan menuju menopause. Periode-periode ini dimana seorang perempuan mengalami perubahan tubuh, perasaan dan hormon. Proses ini dapat terjadi perlahan-lahan selama bertahun-tahun. Climacteric adalah kata lain dari waktu dimana seorang perempuan melewati tahun-tahun reproduktif ke non-reproduktif. Pada masa perimenopause , estrogen yang dihasilkan dari indung telur cenderung melambat. Level hormon menjadi fluktuatif (naik turun) yang menyebabkan perubahan sperti halnya yang terjadi pada seseorang ketika memasuki masa remaja. Tetapi bagi banyak perempuan, perubahan-perubahan yang terjadi menuju menopause ini terjadi lebih intens daripada ketika memasuki masa pubertas. Waktu setelah menopause terjadi disebut postmenopause .

Jenis-jenis menopause yang perlu mendapat perhatian adalah, surgical menopause (menopause yang berhubungan dengan pengobatan). Surgical menopause terjadi jika indung telur dipindah atau rusak, misalnya karena kemoterapi. Dalam hal ini, menopause akan terjadi segera tanpa munculnya perimenopause. Lainnya adalah stress menopause. Terjadi apabila perempuan di akhir usia 30-an atau lebih tidak mendapat haid dalam jangka waktu yang lama. Ini dapat disebabkan karena stress, kemoterapi, sedih, bulimia, anemia atau gerak badan yang berlebihan.

Merokok & Gejala Menopause

Penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Public Health edisi juli 2006 menemukan, wanita yang memiliki kelebihan berat badan dan wanita yang merokok lebih rentan mengalami gejala-gejala menopause yang tak nyaman. Merokok juga dapat mempercepat datangnya menopause. Bagaimana proses seseorang dalam memasuki menopause? Seperti dilansir info-sehat.com, pada akhir usia 30-an, jumlah progesteron yang diproduksi tubuh berangsur-angsur berkurang, dan sel telur yang masih ada di ovarium akan berkurang kemungkinannya untuk dibuahi. Akhirnya mentruasi Anda akan berhenti, dan Anda tidak lagi bisa hamil karena proses ini memakan waktu bertahun-tahun, menopause biasanya dibagi menjadi dua tahap: perimenopause (berlangsung sekitar 5 tahun atau lebih lama, saat Anda mulai mengalami tanda-tanda dan gejala menopause, walaupun masih berovulasi) dan pasca menopause (setelah 12 bulan berlalu tanpa mentruasi).

Gejala Menjelang Menopause

Apa tanda-tandanya seorang perempuan akan menopause? Ketika menopause akan datang biasanya periode haid menjadi tidak teratur, terjadi secara berdekatan atau saling berjauhan. Misalnya bulan Mei jadwal haid tanggal 7. Lalu akhir bulan di bulan yang sama haid datang lagi (misalnya tanggal 26). Tetapi di bulan Juni haid datang malah di akhir bulan, misalnya tanggal 29 Juni. Ciri-ciri lainnya adalah :

  • tulang sendi terasa sakit
  • susah berkonsentrasi
  • sakit kepala
  • berkeringat pada malam hari
  • mempunyai kondisi umum yang biasanya terdapat pada PMS
  • perubahan dalam nafsu seksual
  • berkeringat banyak
  • insomnia
  • sering bangun terlalu pagi
  • perubahan mood
  • vagina terasa kering
  • buang air kecil secara frekuentif

Antara perempuan yang satu dengan perempuan yang lain memiliki ciri-ciri yang berbeda. Ada yang hanya memiliki satu ciri. Tetapi ada juga yang memiliki semua ciri di atas.

Pengalaman perempuan selama menopause juga dapat dipengaruhi oleh perubahan-perubahan yang terjadi di dalam kehidupannya seperti : anak yang telah meninggalkan rumah ; perubahan dalam urusan sosial, domestik dan hubungan personal ; perubahan dalam identitas & imej tubuh ; perceraian atau karena menjanda ; pensiun ; tegang menghadapi ketuaan dan kematian ; kehilangan teman, orang yang tercinta dan masalah keuangan ; tanggung jawab yang bertambah sehubungan dengan usia yang menua ; ketegangan akibat kehilangan kemerdekaan, tidak mampu dan perasaan kesepian.

Terapi pengganti hormon

Terapi pengganti hormon adalah langkah untuk meringankan gejala menopause yang paling popular, tetapi juga paling controversial. Pada terapi pengganti hormon ini, wanita pasca menopause diberikan hormone estrogen saja atau kombinasi estrogen dan progesteron untuk mengganti hormon yang tak lagi diproduksi tubuh. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, terapi pengganti hormon justru dapat memberikan

perlindungan terhadap risiko penyakit jantung. Kuncinya adalah pemilihan waktu yang tepat. Jika terapi pengganti hormon diberikan pada awal menopause, kandungan estrogen di dalamnya membantu mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah. Sebaliknya jika terlambat, plak yang sudah terbentuk dapat pecah, sehingga mencetus penyumbatan pembuluh darah dan serangan jantung.

Terapi Alternatif

Jika tetap ragu untuk mendapatkan terapi pengganti hormon, bisa jadi akan berpaling ke perawatan alternatif. Walaupun banyak yang mengklaim bahwa perawatan alternatif dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan gejala menopause, sebenarnya belum ada penelitian mendalam mengenai hal ini. Penelitian tentang perawatan alternatif seperti konsumsi black cosh, vitamin E, kaya dan phytoesterogen (dari tumbuhan seperti kedelai dengan aktivitas seperti hormon estrogen) tidak menawarkan hasil yang konsisten dan memuaskan. Karena itu berhati-hatilah jika menggunakan suplemen-suplemen ini dalam jangka panjang. Suplemen kedelai- jika digunakan dalam jangka waktu lama – dapat menyebabkan endomentrial hyperplasia (penebalan dinding bagian dalam rahim abnormal).

Jika tetap menginginkan perawatan alternatif untuk meredakan gejala menopause, mungkin akupunktur bisa jadi pilihan. Studi terbaru yang dimuat dalam jornal Fertility and Sterility edisi bulan September 2006 menyatakan, grup wanita yang menerima terapi akupunktur merasa gejala hot flash mereka tidak separah ketika sebelum mendapatkan terapi ini. Dengan berkurangnya hoth flash, tidur mereka juga semakin nyenyak.

Para perempuan yang menghadapi datangnya “menopause” perlu mengelola datangnya masa tersebut dengan baik guna lebih meningkatkan kualitas hidup.Menopause adalah kodrat wanita, meski menopause, jika mempunyai kualitas hidup baik, akan mempunyai harapan hidup baik pula,”

Daftar Pustaka :

1. Judul : Mencegah Menopause Jadi Momok

Sumber : http ://www.posmetropadang.com

Penulis : Post Metro Padang News

2. Judul : Kelola menopause, hidup nyaman

Sumber : http : //www.kesrepro.info

Penulis : Kompas.com

3. Judul : Karena Wanita Harus Mengerti

Sumber : fitogen@ptphapros.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Halaman

Kategori

Tautan

Meta

Kalender

September 2014
S S R K J S M
« Jun    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: